Koperasi Swadaya Masyarakat (KSM) YIS
A. SEKAPUR SIRIH
Pembentukan Koperasi pada dasarnya merupakan pengejawantahan dari upaya dan proses belajar bagi masyarakat dengan semangat keswadayaan dan prinsip dari, oleh dan untuk kepentingan anggota secara bersama-sama. Koperasi adalah wadah ekonomi dan sosial, bukan sekedar kumpulan modal tetapi yang lebih penting adalah kumpulan orang-orang yang mempunyai semangat dan tujuan yang sama untuk mengatasi berbagai persoalan yang dihadapi khususnya dalam bidang ekonomi, sosial, kesehatan, dan pendidikan menuju tingkat kesejahteraan yang lebih baik.
Gagasan awal yang menjadi inspirasi dari pembentukan Koperasi Swadaya Masyarakat Yekti Insan Sejahtera (KSM-YIS) ini berangkat dari pengalaman Yayasan Insan Sembada (formerly Yayasan Indonesia Sejahtera) – YIS bekerjasama dengan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kabupaten Sragen, dalam proses pendampingan bagi Kelompok-Kelompok Swadaya Masyarakat yang tersebar di berbagai wilayah pedesaan lewat Program Pengembangan Kelompok Swadaya Masyarakat dan Usaha Kecil (PKUK). Pengalaman atau proses belajar bersama masyarakat dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga tersebut memunculkan berbagai alternatif bentuk organisasi dan atau bentuk usaha yang dapat menjadi pilar usaha yang berkesinambungan dengan tetap mencerminkan semangat gotong royong dan prinsip keswadayaan yang menempatkan masyarakat sebagai penopang dan pelaku utama.
Menyadari bahwa gerakan koperasi juga merupakan bentuk dari upaya menuju demokrasi ekonomi yang berbasis kerakyatan maka KSM-YIS ini dibentuk sebagai altenatif usaha atau Lembaga Keuangan Mikro yang dimiliki dan dikelola oleh masyarakat sendiri beserta lembaga-lembaga pendamping yang selama ini bekerja bersama masyarakat. Keanggotaan KSM YIS adalah wakil-wakil dari unit koperasi/asosiasi/forum Kelompok Swadaya Masyarakat yang ada di wilayah kecamatan dan pedesaan Kabupaten Sragen, Lembaga Swadaya Masyarakat, Instansi Pemerintah yang terkait, Bank Perkreditan Rakyat serta individu yang menaruh perhatian pada upaya pengembangan masyarakat.
Mengapa ini dilakukan karena dari proses belajar mendampingi kelompok-kelompok swadaya masyarakat di pedesaan, kelompok-kelompok ini masih belum mampu mengembangkan usahanya dalam aspek penyediaan modal/pinjaman bagi anggotanya dan masih cukup tergantung pada dukungan program Lembaga Swadaya Masyarakat, Proyek Dinas/Instansi dan Perbankan serta yang paling banyak dengan rentenir yang beroperasi di pedesaan. Prinsip belajar dan berkembang bersama ini yang kemudian dikembangkan dan disepakati bersama dalam pertemuan-pertemuan awal menggagas terwujudnya KSM-YIS ini. Koperasi ini dalam perencanaan jangka panjangnya diharapkan akan menjadi Induk Koperasi yang akan memfasilitasi dan memenuhi kebutuhan anggota lewat unit-unit koperasi yang ada di tingkat kecamatan dan atau desa serta sebagai embrio menjadi lembaga keuangan mikro.
KSM-YIS telah menjalin kemitraan dengan beberapa lembaga pendukung lainnya seperti; Mercy Corps International (MCI), Yayasan Damandiri, Asosiasi Pendamping Perempuan Usaha Kecil (ASPPUK), Tim PKBS-BBM Kabupaten Sragen, Pemerintah Kabupaten Sragen. Hal ini sebagai sebuah upaya pengembangan kapasitas dan permodalan.
B. VISI, MISI, DAN TUJUAN
VISI
Menjadi mitra masyarakat untuk mewujudkan kesejahteraan dalam bidang sosial dan ekonomi dengan prinsip saling asah, asih dan asuh.
MISI
- Mengembangkan organisasi Koperasi sebagai lembaga keuangan alternatif dengan mengadopsi prinsip dan sistim perbankan.
- Melayani kebutuhan permodalan anggota dan masyarakat luas untuk pengembangan usaha produktif dalam berbagai jenis pinjaman.
- Menjangkau lapisan masyarakat yang belum mendapat pelayanan dari lembaga keuangan formal, baik secara individu maupun yang tergabung dalam kelompok swadaya masyarakat atau kelompok usaha lainnya.
- Ikut serta memfasilitasi pelayanan keuangan dan pengembangan kapasitas usaha para Perempuan Usaha Kecil (PUK) di wilayah Kabupaten Sragen.
TUJUAN
Sesuai dengan Anggaran Dasar KSM –YIS, yakni :
- Menanamkan pengertian dan tata laksana ekonomi yang sehat, baik ekonomi keluarga anggota dan masyarakat sekitar.
- Mengembangkan sikap sadar diri dan tanggung jawab dalam ekonomi yang sehat di kalangan anggota.
- Memberikan pelayanan kepada masyarakat umum.
- Mengembangkan, membina usaha dan pemasaran untuk meningkatkan taraf hidup para anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya serta ikut membangun tatanan perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, adil, makmur dan sejahtera.
C. ORGANISASI DAN KEANGGOTAAN
Koperasi ini didirikan pada tanggal 9 Pebruari 2002 di Sragen, dengan Badan Hukum Koperasi No: 08/542/BH/II/2002 tanggal 19 Pebruari 2002. Pengurus terpilih untuk periode 2008 – 2011 terdiri dari :
PENASEHAT
dr. H. Muki Reksoprodjo, SpOG.
PENGURUS
Ketua : Richard Thobias Daniel, SE.
Sekretaris : Drs. Mulyono, M.Sc.
Bendahara : Tuty Turingsih
Seksi Kredit : Agus Rohadi, A.Md.
Seksi Pengembangan SDM : -
PEMERIKSA
1. Hoesoen Soesono, A.Md.
2. Endang Wahyuningsih
MANAJER
Suprawesti, SE.
Keanggotaan saat ini berjumlah 41 orang. Sesuai dengan semangat pendiriannya, anggota adalah wakil-wakil pengurus Unit Koperasi di Wilayah Kecamatan, Pengurus Kelompok Swadaya Masyarakat, Asosiasi/Forum Kelompok Swadaya Masyarakat dan Jaringan Perempuan Usaha Kecil, serta wakil dari lembaga-lembaga pendamping baik Lembaga Swadaya Masyarakat dan Dinas/instansi terkait.
D. PERMODALAN
Sesuai prinsip dasar koperasi, modal utama berasal dari anggota berupa Simpanan Pokok, Simpanan Wajib, dan Simpanan Sukarela. Koperasi juga menerima modal penyertaan berupa saham dari anggota dan non anggota. Simpanan-simpanan dan saham akan mendapat bagian keuntungan berupa dividen yang diperhitungkan dari sisa hasil usaha. Selain itu Koperasi juga bekerjasama dengan berbagai pihak terkait pendanaan baik berupa pinjaman, simpanan khusus, hibah atau bantuan lain yang tidak mengikat.
E. PRODUK UNGGULAN KOPERASI
Bentuk-bentuk pelayanan yang disediakan Koperasi dan menjadi produk unggulan saat ini meliputi :
1. PELAYANAN PINJAMAN
Terdapat dua jenis pelayanan pinjaman bagi anggota: Pertama, pinjaman kepada Kelompok Swadaya Masyarakat/Unit Koperasi/Asosiasi/Forum Kelompok Swadaya Masyarakat. Kedua, pinjaman kepada anggota perorangan. Kedua jenis pinjaman ini khusus untuk pengembangan usaha produktif anggota dalam berbagai jenis usaha.
2. PELAYANAN SIMPANAN
Untuk memotivasi semangat menabung anggota, Koperasi menyediakan produk simpanan dengan jasa yang menarik dan sistim yang aman bagi anggota dan calon anggota berupa:
- SIMPANAN TAMASYA (Tabungan Masyarakat) adalah bentuk simpanan yang nominal simpanan diatur secara khusus dan dapat diambil sewaktu-waktu pada hari kerja. Selain jasa juga disediakan hadiah-hadiah menarik yang disesuaikan dengan besarnya simpanan.
- SIMPANAN YIS SAVE adalah simpanan yang diarahkan untuk biaya pendidikan/bea siswa putra putri anggota yang nominal dan pengambilannya disesuaikan dengan waktu kenaikan kelas atau kelulusan.
- SIMPANAN KHUSUS/DEPOSITO adalah simpanan berjangka khusus (1 sampai 36 bulan) yang diarahkan untuk mendukung program pelayanan pinjaman, diikat dengan dan atau tanpa perjanjian khusus dengan tingkat jasa simpanan yang menarik, di atas rata-rata tingkat suku bunga pasar.
3. PELATIHAN-PELATIHAN
Produk unggulan lain yang menjadi ciri utama Koperasi adalah menyediakan jasa dan memfasilitasi berbagai pelatihan untuk pemberdayaan anggota baik perorangan maupun kelompok. Pelatihan sebagai suatu strategi untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan pengembangan sikap para anggota. Jenis pelatihan yang dilayani bagi para anggota meliputi :
- Pelatihan Manajemen Kelompok Swadaya Masyarakat; dilakukan bagi kelompok baru tentang dasar organisasi kelompok dan administrasi pembukuan kelompok.
- Pelatihan Ekonomi Rumah Tangga; untuk menanamkan disiplin pengaturan ekonomi rumah tangga dalam kaitannya dengan pengelolaan usaha produktif keluarga.
- Lokakarya Penyadaran Gender; untuk membuka wawasan dan kesadaran kritis anggota yang mayoritas adalah perempuan untuk memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender.
- Lokakarya Merancang Masa Depan; untuk membuka wawasan dan ketrampilan perencanaan masa depan dan disiplin menabung anggota.
- Pelatihan Manajemen Usaha Kecil; untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan mengelola usaha produktif anggota.
- Pelatihan Manajemen Kredit Mikro; untuk memberikan pengetahuan dan ketrampilan bagi kelompok dalam pengelolaan siimpan pinjam.
- Pelatihan Kesehatan Reproduksi bagi pengurus dan anggota kelompok swadaya masyarakat.
- Pelatihan Excellent Customer Service; untuk memperbaiki kualitas pelayanan sehingga dapat memberikan kepuaskan konsumen.
4. PELAYANAN SOSIAL
Koperasi juga melayankan program-program sosial yang mendukung kesejahteraan anggota berupa: Pinjaman dengan jasa ringan dan tanpa jaminan untuk kebutuhan perempuan khususnya yang berkaitan dengan kesehatan reproduktif perempuan seperti; pap smear, pemeriksaan kandungan dan penanganan persalinan. Pelayanan pinjaman untuk pendidikan bagi anak keluarga anggota yang berprestasi.
Sampai saat ini Koperasi telah melakukan berbagai kegiatan sesuai program kerja dan produk unggulan yang ditetapkan. Melakukan pelatihan dan pendampingan, pertemuan-pertemuan rutin pengurus dan anggota, melayani pinjaman bagi anggota baik pinjaman untuk kelompok maupun perorangan, menggalang kerjasama dengan berbagai pihak terkait untuk pendanaan maupun dukungan fasilitas lainnya. Perlahan tetapi pasti, dengan dukungan semangat anggota dan pihak-pihak terkait yang mempunyai kepedulian bagi pengembangan masyarakat diyakini Koperasi ini akan dapat berkembang untuk mewujudkan tujuan dan cita-citanya.
Bagi yang ingin mengetahui lebih lanjut dan mendapat pelayanan dapat menghubungi pengurus atau manajer dengan alamat :
Koperasi Swadaya Masyarakat
"Yekti Insan Sejahtera"
Jl. Raya Sukowati No. 463
Sragen – Jawa Tengah
Telp./Fax: 0271- 891960
E-mail: yisksm@yahoo.com / ksm_yis@yahoo.com
Belum ada artikel